Bakal Duduki Kembali Kursi Ketua

Bakal
Bakal Duduki Kembali Kursi Ketua

LiveNews, Bakal – Ketua DPR Puan Maharani membetulkan informasi bahwa dirinya dapat ulang memimpin DPR RI untuk periode 2024-2029.

“Amin, insya allah,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Puan mengaku siap untuk ulang jadi Ketua Parlemen dan menyebut perihal itu sesungguhnya telah diputuskan partai. “Insya Allah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah memastikan, Ketua DPR RI periode 2024-2029 yang merupakan bagian PDIP sebagai peraih kursi DPR RI terbanyak di Pileg 2024 adalah Puan Maharani.

“Insyaallah kecuali berasal dari PDI Perjuangan final calonnya tunggal Ibu Puan Maharani,” kata Said Abdullah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Said menegaskan ketetapan Fraksi PDIP DPR mengenai Ketua DPR telah final. “Sudah selesai, final,” ujarnya.

Sementara mengenai penentuan pimpinan MPR utusan Fraksi PDIP tetap belum diputuskan.

“Pimpinan MPR berasal dari PDIP tetap digodok,” ujarnya.

Tak Ada Perubahan Ketentuan

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan, tidak tersedia pergantian ketetapan penyusunan formasi pimpinan DPR periode 2024-2029.

Ia menyatakan, formasi pimpinan DPR dapat tetap mengikuti Undang-Undang (UU) MPR/DPR/DPD/DPRD (MD3).

“Kita telah sama-sama mengerti bahwa didalam periode ini tidak tersedia pergantian UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentu saja mengacu pada UU MD3 yang tetap berlaku pada pas ini,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Menurut Dasco, ketua DPR periode sesudah itu tetap berasal partai politik (parpol) pemenang Pileg 2024 yaitu PDI Perjuangan.

Sementara kursi wakil ketua DPR, dapat tersedia 4 wakil yang beras berasal dari partai sesuai kronologis nada terbanyak.

“Ya tentu saja kecuali lihat UU MD3 paket pimpinan itu telah diatur bersama dengan ketetapan paket pimpinan pemenang satu, kedua, ketiga, keempat dan kelima yang nanti dapat diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan,” ujar Dasco.

By huna88

LiveNews